Busa Jahit Blacu Pouch
@ Rp 1.500,-
(min 100)
» detail
Ring Pillow Wedding Tart
@ Rp 150.000,-
(min 1)
» detail
Isi Kertas Luxe Cream
@ Rp 1.500,-
(min 100)
» detail
Blank Cards In Box - Brown Paper
@ Rp 12.000,-
(min 100)
» detail
Candy Can Tall
@ Rp 9.800,-
(min 100)
» detail
Gold Frame Thick (4R)
@ Rp 12.000,-
(min 100)
» detail
home » discussion » forum umum » wedding life & relationship » minta pendapat mengenai sikap orang tua yang tidak mendukung pernikahanku
DISCUSSION FORUM Selamat Datang di Forum Diskusi Weddingku. Di forum ini, lebih dari 100.000 calon pengantin dan pasangan yang telah menikah berdiskusi tentang persiapan pernikahan, bulan madu sampai dengan hal-hal kehidupan keluarga sehari-hari.
MINTA PENDAPAT MENGENAI SIKAP ORANG TUA YANG TIDAK MENDUKUNG PERNIKAHANKU
PENGIRIM PESAN
Posted: 10/15/2012 4:23:30 PM #1 
hi, ini adalah posting pertamaku di weddingku..
aku ingin sharing dan meminta saran dari teman2 weddingku mengenai masalah yg sedang aku hadapin.

Pernikahanku akan di laksanakan 1.5 bulan lagi. Persiapannya sekitar 70-80%. Ak (cwe) adalah china Tionghua, sedangkan camiku cina jakarta.

Pada awalnya semua baik2 saja, tetapi pada saat persiapan pernikahan kami, ada beberapa hal yg orangtuaku tidak suka, misalkan :
1. Pada saat lamaran, pihak cwo tidak pernah membahas mengenai acara sangjit atau adat yg mau dipakai bagaimana (menurut keluargaku, hrsnya pihak cwo yg tanya).
2. Orang tua dari pihak cwo tidak pernah berdiskusi dengan pihak cwe, misalkan masalah pemilihan makanan catering. Mereka hanya mengajak keluargaku memilih vendor catering, tetapi pada saat pemilihan menu makanan, mereka tidak mengajak keluargaku. Entah karena keluargaku tidak mengeluarkan uang atau alasan apa. Bila masalah uang, kata orangtua ku, pihak cwe tidak wajar mengeluarkan duit karena biasanya cwo yg menghandle smua biaya kecuali kalau mereka tidak mampu, maka mereka bisa berdiskusi dengan pihak cwe. untuk masalah duit, pihak camiku termasuk keluaraga yg mampu.
Posted: 10/15/2012 4:32:52 PM #2 
3. Untuk masalah baju mama dan papa. Mereka tidak membuatkan baju untuk orangtuaku. Menurut keluargaku, harusnya itu adalah tugasnya pihak cwo membuatkan/menyewakan baju untuk mereka. Awalnya untuk jas papa, ak pikir baju nya sudah di dp in, tetapi ternyata pas mau diukur, ternyata hanya di pesanin aja tanpa di dpin. Karna ak takut orangtuaku marah, ak buru2 dp-in jas tanpa ketahuan orangtuaku. Kemudian untuk baju mama, dari pihak cwo suka menanyakan mengenai kapan mau bwt bareng, tetapi mereka hanya bertanya kepada aku. sedangkan mamaku ingin mereka yg telpon. mksdnya itu adalah urusan orangtua. dilain pihak, ak merasa tidak enak juga bila meraka membuatkan baju untuk mamaku karna harga bajunya ga murah menurutku. akhirnya mamaku akhirnya membuat baju sendiri. Ini merupakan awal dari masalah pernikahanku. Mamaku merasa tersinggung karena dy tidak dibuatin baju, tetapi papaku di buatin dan merasa keluarga calonku menghina dy, bukan karna masalah tidak di buatin baju, tetapi karna mereka tidak menghargai mamaku tetapi hanya menghargai papaku. Sekarang dy tidak peduli sama sekali dengan pernikahanku. dirumah kami bagaikan orang lain, yg diam2an. Orangtuaku pernah bilang, hati2 karena takutnya mereka cuma mau sama saya aja, tidak mau dengan orangtua ku.

plisss, kasi aku solusii.. ak benar2 bingung menghadapi masalah ini.. thxx
Posted: 10/16/2012 10:14:08 AM #3 
wahhh berat yahh...
stay strong yah sist...
kalo aku bilang, pendekatan ke mama kamu dulu... berusaha bilang untuk jgn trlalu sensitif... camer kamu kan bilang ke kamu supaya kamu yg sampein ke mama kamu soal baju itu..
soal biaya pernikahan, skarang kan zaman sudah maju sist... menikahkan anak itu kan tanggung jawab semua parents mau anaknya cowo atau cewe... klo kubilang selama dr kluarga kamu bisa bantu2 misalkan buat pesan jas, pesan baju, pesan undangan (yang tidak trlalu besar) itu gak apa2 dong yahh...
berusaha sebisa mungkin keadaan keluarga jangan makin memburuk sist...
damaikan lah sebisanya kamu...
semangat yahh...
kmu pasti bisa...
Posted: 10/16/2012 1:26:44 PM #4 
hi...kata orang memang menjelang d day adaaa aja rintangannya ya, entah yg simple atau bahkan sampai yg kompleks. aku lihat ini masalah komunikasi aja yg belum klik. aku ga tahu sudah berapa lama kamu dan pasangan saling mengenal satu sama lain dan keluarga masing-masing juga. kalau masih belum lama, mungkin bisa dibilang wajar ya jika masih ada rasa sungkan atau gimana.
coba kamu dan cami mu komunikasi dulu baik-baik berdua.bicarakan yg menjadi keresahan kamu / keluargamu. ibarat 2 negara, kamu dan cami adalah juru bicara untuk kedua negara tsb. dan harus mampu me-mediasi kedua negara tsb. misalnya, ajak family dinner barengan.
sorry aku ga bisa detilkan satu per satu, tapi secara umumnya aja.
tetap semangat ya...
Posted: 10/16/2012 4:49:50 PM #5 

quote:

wahhh berat yahh... stay strong yah sist... kalo aku bilang, pendekatan ke mama kamu dulu... berusaha bilang untuk jgn trlalu sensitif... camer kamu kan bilang ke kamu supaya kamu yg sampein ke mama kamu soal baju itu.. soal biaya pernikahan, skarang kan zaman sudah maju sist... menikahkan anak itu kan tanggung jawab semua parents mau anaknya cowo atau cewe... klo kubilang selama dr kluarga kamu bisa bantu2 misalkan buat pesan jas, pesan baju, pesan undangan (yang tidak trlalu besar) itu gak apa2 dong yahh... berusaha sebisa mungkin keadaan keluarga jangan makin memburuk sist... damaikan lah sebisanya kamu... semangat yahh... kmu pasti bisa...
setuju dgn chrismell...
jgn krn masalah begini, pernikahan kamu jadi tertunda atau malah lebih parah lagi say..

berusahalah membuat suasana jadi tenang kembali. kamu pasti bisa
Posted: 10/17/2012 8:50:34 PM #6 
aku kelupaan ma email accountku, soalnya kmrn baru bwt,hehe..

Chrissmell : kmrn ak sudah sempat blg, kalau soal biaya itu tidak selalu dari pihak cwo. orang tua ku kurang setuju dan rata2 sodara dan teman2 mereka pihak cwo yg cover smua nya. Kecuali pihak cwo kurang mampu, baru dibicarakan enaknya mau gimana. sekarang sih, ak cukup bingung, supaya mamaku bisa ga marah lg. dy sepertinya bnrn kecewa ma ak, soalnya ak tidak membela dy didepan keluarga pihak cwo.

Fina : kamu benar sekali. mank semua ini karna kurangnya komunikasi. sebenarnya, kesalahan dari dipihak ak dan pasanganku. Dari awal kita tidak kepikiran untuk mendekatkan kedua orang tua kami masing2. skr sih, dari pihak cwo masih ga tau kalau keluargaku tersinggung masalah baju mereka. sebenarnya sih, bukan karna masalah harga baju ataupun mamaku ingin dibuatin baju gratis, cuma mrk merasa heran aja, kenapa papaku dibuatin, tp mamaku tidak dibuatin. sedangkan baju untuk penerima tamu, pihak cwo sediain.

Tasya Shop : iaa ne, doakan yaaa... smoga smuanya bisa kembali seperti semula

menurut kalian, gimana cara baikin mamaku yg uda kesel dan kecewa ma saya. dy skr rada sinis ma ak, ak bnrn2 bingung
Posted: 10/19/2012 11:41:04 AM #7 

quote:

aku kelupaan ma email accountku, soalnya kmrn baru bwt,hehe.. Chrissmell : kmrn ak sudah sempat blg, kalau soal biaya itu tidak selalu dari pihak cwo. orang tua ku kurang setuju dan rata2 sodara dan teman2 mereka pihak cwo yg cover smua nya. Kecuali pihak cwo kurang mampu, baru dibicarakan enaknya mau gimana. sekarang sih, ak cukup bingung, supaya mamaku bisa ga marah lg. dy sepertinya bnrn kecewa ma ak, soalnya ak tidak membela dy didepan keluarga pihak cwo. Fina : kamu benar sekali. mank semua ini karna kurangnya komunikasi. sebenarnya, kesalahan dari dipihak ak dan pasanganku. Dari awal kita tidak kepikiran untuk mendekatkan kedua orang tua kami masing2. skr sih, dari pihak cwo masih ga tau kalau keluargaku tersinggung masalah baju mereka. sebenarnya sih, bukan karna masalah harga baju ataupun mamaku ingin dibuatin baju gratis, cuma mrk merasa heran aja, kenapa papaku dibuatin, tp mamaku tidak dibuatin. sedangkan baju untuk penerima tamu, pihak cwo sediain. Tasya Shop : iaa ne, doakan yaaa... smoga smuanya bisa kembali seperti semula menurut kalian, gimana cara baikin mamaku yg uda kesel dan kecewa ma saya. dy skr rada sinis ma ak, ak bnrn2 bingung
caranyaa??
ini sekedar advice dr aku...
ajak mama kamu makan keluar berdua aja yg bisa privately ngobrol...
jelasin keadaannya, klo jas papamu pun bukan dibeliin keluarga cami kamu, sbnernya kamu yg bayar... gitu kan?
berusaha bicara heart to heart sama mama kamu sist, biar gimanapun kamu anak yg sudah dilahirkan dibesarkan dan dididik olehnya... biar gimana pun mama yg paling ngertiin kamu...
sampein apa yg kmu rasain... sampein keadaan sesungguhnya, kasih ruang ke mama kamu buat ngertiin keadaan kamu, buat sampein perasaannya dia, dan kmu juga msti belajar ngertiin mama...
biar gimanapun mama kamu pasti sayang dan mau yg trbaik buat kamu sist... itu yg trpenting...
tetep semangat yaa...
Posted: 10/30/2012 2:24:23 PM #8 

quote:

hi, ini adalah posting pertamaku di weddingku.. aku ingin sharing dan meminta saran dari teman2 weddingku mengenai masalah yg sedang aku hadapin. Pernikahanku akan di laksanakan 1.5 bulan lagi. Persiapannya sekitar 70-80%. Ak (cwe) adalah china Tionghua, sedangkan camiku cina jakarta. Pada awalnya semua baik2 saja, tetapi pada saat persiapan pernikahan kami, ada beberapa hal yg orangtuaku tidak suka, misalkan : 1. Pada saat lamaran, pihak cwo tidak pernah membahas mengenai acara sangjit atau adat yg mau dipakai bagaimana (menurut keluargaku, hrsnya pihak cwo yg tanya). 2. Orang tua dari pihak cwo tidak pernah berdiskusi dengan pihak cwe, misalkan masalah pemilihan makanan catering. Mereka hanya mengajak keluargaku memilih vendor catering, tetapi pada saat pemilihan menu makanan, mereka tidak mengajak keluargaku. Entah karena keluargaku tidak mengeluarkan uang atau alasan apa. Bila masalah uang, kata orangtua ku, pihak cwe tidak wajar mengeluarkan duit karena biasanya cwo yg menghandle smua biaya kecuali kalau mereka tidak mampu, maka mereka bisa berdiskusi dengan pihak cwe. untuk masalah duit, pihak camiku termasuk keluaraga yg mampu.
hai sis nelly
menurut ku mending kamunya jujur mah mama kamu kalau yang bayar jas itu kamu sendiri..karena kalau tiba" masalah ini makin membesar malah kamunya yang tambah susah..
menurut aku,mama tetap sayank anaknya kok,cuma dia kesel,kecewa jadi diamin kamunya..belajar ambil hati mama kamu dan jelasin detail,bahwa pernikahan itu adalah masa depan kamu,kalau gara" masalah ini kedua belah pihak jadi dingin,kan ngak enak banget dan semua pasti berdampak ke masa depan sis..aku percaya,mama pasti sayang mah kita dan tidak mau kita kedepannya jadi susah di depan mertua...
cia youu sis....^^
Posted: 10/30/2012 4:42:38 PM #9 
hii semua.

ini c yg ada di pikiran ku. (mungkin) yang namanya chinese jakarta sekarang itu lebih cuek, adat dan tradisi sudah yah no 2..

contoh aku dan pasanganku. dari pihak pasangan maunya begini begitu..dalam hati bawel yah yang mau merid sapa ngaturnya kok begitu..

tapi yang namanya cinta memang bisa memecah masalah..rundingkan dengan pasangan..ungkap yang sbenernya aja..ortu g maunya bgini bgini..kalian uda memutuskan menikah berarti sudah bisa mengerti 1 sama lain..masalahmu bukan masalahmu sendiri, tp masalah kalian berdua..

pointnya 1 aja, kalau tidak bs saling mengerti dan memahami artinya kalian belum siap menikah..cinta itu indah, pernikahan adalah anugrah..syukuri dan nikmati..

maap kalau ada salah kata..semangatttt
Posted: 11/1/2012 1:40:15 PM #10 
sis nelly kalo aq kasi advice sih mending bicara aja sejujur2nya...jaman sudah moderen, kalo masih mengikuti cara adat begitu bagaimana bisa maju. dulu sempet dari pihak keluargaku juga begitu, seharuanya pihak laki dunk yang keluar duit banyak, tapi setelah aq jelasin mereka mengerti kok. gak terlalu memaksakan pendapat mereka, dan akhirnya diambil jalan kalau persiapan pernikahan murni dari duit berdua (saya sama calon saya). Meskipun semua biaya dari kami berdua, tapi tetep aja kami berdua meminta saran dari ortu, seperti cari tanggal dan hari baik. Saya tidak bilang persiapan saya mulus, tapi tetep aja ada hal yang buat terjadi kesalahpahaman dan tetep buat ribet, cm dinikmati dan dijalani. terus lakukan pendekatan dengan ortu. karena berhubung saya orgnya cuek, jd kalo dijutekin atau dicuekin, ya tetep aj saya ngajak ngomong untuk nanya2..hehehehe

tetep semangat sis, krn restu kedua ortu itu penting, dan jgn ada yg disembunyiin dari ortu, jd lbh baik belajar terbuka dan critakan apa yang sis pergumulkan... semangat!!!
Posted: 11/12/2012 1:27:58 PM #11 

quote:

3. Untuk masalah baju mama dan papa. Mereka tidak membuatkan baju untuk orangtuaku. Menurut keluargaku, harusnya itu adalah tugasnya pihak cwo membuatkan/menyewakan baju untuk mereka. Awalnya untuk jas papa, ak pikir baju nya sudah di dp in, tetapi ternyata pas mau diukur, ternyata hanya di pesanin aja tanpa di dpin. Karna ak takut orangtuaku marah, ak buru2 dp-in jas tanpa ketahuan orangtuaku. Kemudian untuk baju mama, dari pihak cwo suka menanyakan mengenai kapan mau bwt bareng, tetapi mereka hanya bertanya kepada aku. sedangkan mamaku ingin mereka yg telpon. mksdnya itu adalah urusan orangtua. dilain pihak, ak merasa tidak enak juga bila meraka membuatkan baju untuk mamaku karna harga bajunya ga murah menurutku. akhirnya mamaku akhirnya membuat baju sendiri. Ini merupakan awal dari masalah pernikahanku. Mamaku merasa tersinggung karena dy tidak dibuatin baju, tetapi papaku di buatin dan merasa keluarga calonku menghina dy, bukan karna masalah tidak di buatin baju, tetapi karna mereka tidak menghargai mamaku tetapi hanya menghargai papaku. Sekarang dy tidak peduli sama sekali dengan pernikahanku. dirumah kami bagaikan orang lain, yg diam2an. Orangtuaku pernah bilang, hati2 karena takutnya mereka cuma mau sama saya aja, tidak mau dengan orangtua ku. plisss, kasi aku solusii.. ak benar2 bingung menghadapi masalah ini.. thxx
@Nelly: Hi sis, klo menurut ak masalahny dr km & cami & keluarga km & keluarga cami adalah komunikasi... Km hrsny saling komunikasi antara kedua belah pihak (tmasuk kluarga) ajak mkn bareng- ato sekedar ktm utk ngobrol pasti suasanany mkn akrab& enak deh, ga ad lg yg namany misskom kyk git

Truz mengenai adat/ biaya adalah masalah yg riskan bgt so km hrs membicarakan berdua am cami - mau lamaran/sangjit/gereja/teapai/resepsi kyk ap, truz biaya ny kyk gmn, tiap hr hrs ngobrol (menurut saran ak) makin cepat selesai mkn baik, krn masalah kecil bs jd besar klo km simpan dlm hati. Met bjuang yah sis, smoga solusiny ktm. Yg sabar jg jgn tll ambil ap2 negatif krn dr phk ketiga (entah sodara/ortu/phk cami) ad aj yg kritik ini itu tp klo kalian berdua kuat&komunikasi pasti smua bs berjalan dg baik..
discussion » forum umum » wedding life & relationship » minta pendapat mengenai sikap orang tua yang tidak mendukung pernikahanku
facebook twitter

OUR WEBSITES

ABOUT WEDDINGKU | ADVERTISING |
NEWS & EVENTS | AWARDS & REVIEWS | GUESTBOOK | CONTACT US | RSS FEED


Ketentuan Penggunaan
| Ketentuan Forum | Kebijakan Privasi © 2002-2014 Weddingku.com | Powered by Menaravisi

Established in 2000, Weddingku Group is an Indonesia leading wedding media and honeymoon operator with more than one hundred thousand community members. The group covers online portal, printed media, wedding exhibitions, agency of honeymoon & other travel packages. Weddingku Group is a licensed member of PATA, IATA & ASITA.